Kenali Gejala Alergi Kulit dan Jenisnya

Kenali Gejala Alergi Kulit dan Jenisnya

Alergi kulit bisa dipicu oleh banyak penyebab mulai dari bulu binatang hingga alergi terhadap zat atau makanan tertentu. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan rasa terbakar pada kulit. Gatal yang ditimbulkan biasanya juga disertai dengan bentol-bentol serta ruam pada kulit. Kondisi demikian bisa jadi sangat mengganggu. Lapisan kulit juga rentan rusak jika terus digaruk. Sebaiknya gunakan obat alergi kulit untuk mengatasi masalah tersebut.

Obat alergi kulit

Ada beberapa obat yang bisa  Anda pakai untuk meredakan rasa gatal akibat alergi.

  • Obat antihistamin

Obat ini tersedia dalam bentuk salep, semprot, tablet minum, dan sirup. Obat ini sangat umum digunakan sebagai penanganan pertama ketika terjadi reaksi alergi. Mekanisme kerja obat ini sebenarnya adalah menurunkan kadar zat histamin pada tubuh. Kadar histamin yang tinggi merupakan respon sistem kekebalan tubuh ketika mendeteksi allergen atau pemicu alergi sebagai zat asing yang berbahaya bagi tubuh.

Meski cepat meredakan rasa gatal akibat alergi, obat antihistamin juga memiliki efek samping, seperti pusing dan mulut kering. Untuk itu, perhatikan aturan pakai serta dosis yang dianjurkan sebelum mengonsumsi obat ini.

  • Obat kortikosteroid

Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari cairan, tablet minum, nasal spray, hingga salep. Untuk meredakan gatal, Anda dapat menggunakan obat berbentuk salep. Anda cukup mengoleskan obat alergi kulit ini pada area yang terasa gatal. Hindari menggaruk terlalu keras agar tidak terjadi iritasi.

Menangani alergi kulit sesuai jenisnya

Keparahan gejala yang ditimbulkan alergi bisa berbeda pada tiap orang. Beberapa gejala umum yang sering ditemui adalah munculnya ruam, kulit terasa panas dan gatal, terjadi pembengkakakn, munculnya bentol-bentol, hingga pengelupasan pada kulit. Jenis alergi kulit yang diderita setiap individu juga bisa bervariasi. Ada tiga jenis alergi yang umum terjadi. Berikut ini gejala serta cara penanganannya.

  • Eksim (dermatitis atopik)

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada kulit yang cenderung memicu terjadinya alergi. Gejala yang ditimbulkan adalah kulit kering, iritasi, serta gatal-gatal. Alergi ini umumnya terjadi karena faktor genetik. Anda dapat mengatasi alergi ini dengan menjaga kelembaban kulit serta mengonsumsi obat hidrokortison topical untuk mengurangi peradangan.

  • Dermatitis kontak

Contact dermatitis umumnya tidak parah namun rasa gatal yang ditimbulkannya bisa sangat mengganggu. Reaksi ini muncul ketika terjadi kontak langsung dengan allergen. Misalnya ketika terjadi iritasi setelah penggunaan produk kosmetik. Gejala yang ditimbulkan tidak selalu langsung tampak. Kadang, gejala baru muncul setelah Anda terpapar allergen selama beberapa waktu.

Gejala Contact dermatitis adalah kulit kering bersisik, rasa gatal yang hebat, ruam kemerahan serta muncul benjolan berair pada kulit, bahkan pembengkakan pada area mata dan wajah. Untuk meredakan gejala alergi ini, Anda bisa memakai krim hidrokortison, mengonsumsi obat antihistamin, dan mengompres area yang gatal dengan air dingin. Anda dapat pula mengoleskan petroleum jelly untuk mengurangi dampak alergi tersebut.

  • Biduran (urtikaria)

Biduran dapat muncul karena paparan allergen ataupun infeksi virus. Gejala yang umum adalah munculnya bentol menonjol berwarna kemerahan pada kulit. Jika disentuh, bagian tengah bentol ini akan berubah memutih. Sebaiknya hindari allergen pemicu alergi Anda dan lakukan penanganan medis karena biduran bisa jadi merupakan indikasi terjadinya alergi yang lebih parah yaitu anafilaksis.

Beberapa obat alergi kulit tersedia dalam berbagai dosis. Sebaiknya kalian konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terdekat atau jika kalian tidak bisa keluar rumah kalian bisa saja langsung konsultasi secara online lewat Halodoc. Anda dapat menghubungi melalui fitur Chat dan Voice/Video Call. Cukup unduh aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play untuk mendapatkan penanganan profesional langsung di rumah. Dengan Halodoc tentunya jadi solusi paling tepat pada saat pandemik seperti sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *